Tips Gokil Jadi Sales Promotor Ala Gue

 

Tips-Gokil-Jadi-Sales-Promotor
Tips Gokil Jadi Sales Promotor

Nah, kali ini gue mau cerita nih tentang pengalaman gue jadi sales promotor. Kerjaannya tuh simpel banget: jualan! Tapi jangan salah, di balik kesederhanaan itu, ada banyak drama dan kejadian yang bikin gue mikir, "Ini hidup gue kok bisa sampai di sini?"

Kiat-Kiat Jadi Sales Promotor yang Keren

  1. Percaya Diri Level 1000

Pertama-tama nih, percaya diri itu wajib! Kalo lo nggak pede, gimana orang mau percaya sama lo? Pikir aja lo aktor Hollywood yang lagi promosiin film box office. Dateng ke toko, buka senyum selebar mungkin (jangan kayak orang gila, ya), dan sapalah semua orang dengan ramah. Percaya deh, senyum itu magnet buat calon pembeli.

  1. Kenalin Produk Lo Kayak Ngomongin Gebetan

Lo harus paham betul sama produk yang lo jual. Ibarat lo lagi cerita tentang gebetan lo ke temen-temen, produk lo juga harus diomongin dengan penuh semangat dan detail. Kalo bisa, kasih tau hal-hal yang orang lain belum tentu tau. Misal, "Ini gadget bisa tahan air loh, jadi kalo ketumpahan kopi masih aman. Gue udah coba sendiri, nggak percaya? Liat video gue nih."

  1. Dengerin Pelanggan Kayak Dengerin Curhatan Temen

Ini penting, bro! Kalo lo bisa jadi pendengar yang baik, orang bakal lebih nyaman buat beli sama lo. Dengerin keluhan mereka, tanyain kebutuhan mereka, terus kasih solusi yang mantap. Anggap aja lo lagi jadi tempat curhatnya, tapi ujung-ujungnya jualan juga.

  1. Nggak Usah Banyak Gaya, yang Penting Jualan

Nggak perlu pake jargon-jargon marketing yang bikin pusing. Ngomong aja yang jelas dan jujur. Orang lebih suka kalo lo jadi diri sendiri daripada jadi robot marketing. Misal, "Bang, ini hape kamera depannya 20 megapixel, cocok buat selfie biar lo makin ganteng di Instagram."

  1. Manfaatin Media Sosial

Jaman sekarang, siapa sih yang nggak punya akun sosmed? Gunain tuh buat promosiin produk lo. Posting foto produk, kasih review jujur, dan sesekali bikin giveaway biar engagement lo naik. Kalo bisa, ajak temen-temen buat repost biar makin viral. Siapa tau kan ada yang langsung tertarik dan beli.

Drama Sehari-hari Jadi Sales Promotor

Ngomong-ngomong soal jadi sales promotor, drama itu pasti ada aja. Dari pelanggan yang nanya-nanya tapi ujungnya nggak beli, sampe kompetitor yang suka main curang. Ada juga kejadian lucu kayak waktu gue salah kasih diskon gede, padahal cuma boleh 10%. Alhasil, gue dimarahin supervisor, tapi yaudah lah, yang penting jualan gue laris.

Yang paling ngeselin sih, kalo ada pelanggan yang suka nawar nggak kira-kira. Misal, harga barang udah diskon jadi 500 ribu, dia masih aja nawar jadi 300 ribu. Gue kan cuma bisa elus dada sambil ngeles, "Aduh, Bang, kalo bisa segitu, gue udah beli buat gue sendiri."

Kesimpulan

Jadi sales promotor itu seru-seru capek. Tapi kalo lo enjoy dan bisa nikmatin setiap momen, pasti ada aja hal-hal yang bisa lo pelajari. Yang penting, jangan lupa bahagia dan terus semangat! Toh, di balik semua drama dan cerita lucu, ada banyak pengalaman berharga yang bisa lo dapet. So, siap jadi sales promotor yang keren? Ayo, gaspol!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak