Bisnis Ekspor Arang: Dari Kecil-Kecilan Hingga Go Internasional

 

Bisnis-Ekspor-Arang
Bisnis Ekspor Arang

Dari Kecil-Kecilan Hingga Go Internasional

Gue inget pertama kali gue denger kata "arang" itu waktu bokap nyuruh nyalain bakar-bakaran ayam buat tahun baru. Beneran deh, buat gue waktu itu arang tuh kayak benda mistis yang cuma nongol pas kita mau bakar jagung atau sate. Tapi, siapa sangka si hitam legam yang ngotorin tangan itu bisa jadi bisnis yang bikin kantong tebel?

Jadi gini ceritanya. Waktu itu gue lagi nongkrong sama temen-temen kampus. Ngobrol ngalor ngidul sampai akhirnya kita bahas tentang bisnis. Si Budi, anak ekonomi yang emang otaknya udah dilatih buat mikir profit dari lahir, cerita kalau ada peluang gede di bisnis arang. Awalnya gue kira dia lagi mabok ketan hitam. Tapi pas dijelasin, ternyata menarik juga.

Arang, atau bahasa kerennya "charcoal", itu sebenernya nggak cuma buat bakar-bakaran di acara tahun baruan doang. Di luar negeri sana, arang itu banyak banget dipake buat macam-macam. Dari buat masak di restoran-restoran fancy, sampe buat filter air di negara-negara maju. Dan yang bikin ngiler, harga jual arang di luar negeri itu bisa berkali-kali lipat dibanding harga di dalam negeri. Wah, mata langsung ijo!

Gue pun mulai mikir, "Kenapa nggak coba aja ya?" Langsung deh gue dan Budi berpartner. Misi kita jelas: ngubah arang jadi berlian, atau minimal jadi duit lah.

Langkah Pertama: Riset dan Riset

Seperti biasa, langkah pertama itu riset. Kita mesti tahu dulu gimana pasar arang di luar sana. Jangan sampe kita ekspor arang ke negara yang sebenernya nggak butuh arang. Itu sama aja kayak jualan es di kutub utara. Pake Google, kita cari negara-negara yang impor arang paling banyak. Ternyata, negara kayak Jepang, Korea, dan beberapa negara Eropa punya demand tinggi buat arang berkualitas.

Langkah Kedua: Produksi

Setelah tahu pasar, kita lanjut ke produksi. Gue sama Budi mulai nyari supplier arang lokal yang bisa kasih harga miring tapi kualitas tetap ok. Dan ternyata, Indonesia ini kaya banget akan bahan baku arang, dari kayu keras sampai batok kelapa. Jadilah kita keliling-keliling ke desa-desa buat nego harga sama petani-petani lokal. Seru juga sih, sekalian jalan-jalan menikmati alam.

Langkah Ketiga: Legalitas dan Standar

Ini bagian yang agak ribet. Untuk ekspor, kita butuh legalitas yang lengkap dan pastikan arang kita sesuai standar internasional. Mulai dari sertifikasi lingkungan sampai izin ekspor. Di sinilah gue ngerasa jadi anak kuliahan yang beneran pusing ngurus birokrasi. Tapi, demi masa depan yang lebih cerah (dan kantong yang lebih tebel), semua dijabanin.

Langkah Keempat: Pemasaran

Gue dan Budi nggak mau setengah-setengah. Kita bikin branding yang keren buat arang kita. Kita kasih nama yang catchy, desain kemasan yang menarik, dan tentu aja, promosi habis-habisan lewat online. Sosial media jadi senjata utama kita buat ngenalin arang lokal ke pasar global. Ternyata, banyak juga bule yang tertarik sama arang kita. Mungkin karena mereka pengen coba sensasi BBQ pake arang dari Indonesia.

Langkah Terakhir: Ekspor!

Saatnya ekspor! Setelah semua persiapan matang, kita mulai kirim arang ke luar negeri. Pertama kali ngeliat kontainer kita berangkat ke Jepang, rasanya kayak ngeliat anak sendiri berangkat kuliah ke luar negeri. Bangga dan lega bercampur jadi satu.

Dari yang awalnya cuma ngobrol ngalor ngidul di tongkrongan, bisnis arang ini ternyata bisa jadi jalan rejeki yang nggak disangka-sangka. Intinya, kalau ada peluang, jangan takut buat coba. Siapa tahu, dari arang bisa jadi berlian. Atau minimal, bisa bikin dompet kita jadi lebih tebel.

Penutup

So, buat kalian yang lagi mikir mau bisnis apaan, jangan pernah remehkan hal-hal kecil di sekitar. Siapa tahu, barang yang kalian anggap nggak ada nilainya bisa jadi tambang emas kalau diolah dengan bener. Kayak kita, dari arang buat bakar sate, sekarang bisa jalan-jalan ke luar negeri dari hasil ekspor arang. Mantap kan?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak